Jumat, 16 Maret 2012

Cara Mudah Mengeluarkan dan Menanam Bibit Anggrek dari Botol

Setelah pemilihan/pembelian bibit anggrek dalam botol, tahapan berikutnya adalah pengeluaran bibit anggrek dari dalam botol. Tapahan inilah merupakan tahapan penentuan apakah bibit tersebut akan tumbuh baik atau tidak, bahkan bisa hidup atau mati. Untuk itu perlu diketahui, bagaimana cara mengeluarkan bibit anggrek dari botol dan penanamannya agar tidak rusak dan bisa tumbuh sesuai dengan yang diharapkan.
Selain itu dengan tahapan/langkah-langkah pengeluaran dan penanaman yang sesuai dapat meminimalisir terjangkitnya bibit atau bunga anggrek dari jamur dan penyakit-penyakit lainnya.
Peralatan yang perlu disiapkan antara lain:
  1. wadah /tempat untuk pencucian dari sisa media botol
  2. Kawat yang ujungnya dibengkokkkan sehingga berbentuk huruf “U” untuk mengeluarkan anggrek dari dalam botol.
  3. Cutter/gunting yang tajam
  4. Kertas Koran
  5. Fungisida (Dipthane M-45)
  6. Media tanam yang sudah direndam dalam larutan fungisida selama kurang lebih 2 jam dan sudah ditiriskan.
  7. Wadah/pot/tempat untuk menanam angggrek.
Langkah-langhah pengeluaran bibit dan penanamannya:
  1. Isi wadah /tempat untuk pencucian dengan air bersih secukupnya. kemudian bibit dikeluarkan dengan menngunakan kawat, bibit anggrek dikait dan dikeluarkan akarnya terlebih dahulu.
  2. Setelah bibit keluar, segera dicuci bersih terutama disekitar perakarannya supaya sisa-sisa medium yang menempel bersih semua. Jika masih ada sisa-sisa media akan mudah terserang jamur. Akar-akar dan daun yang mati juga dipotong dengan cutter atau gunting yang tajam.
  3. Bibit angrek yang sudah bersih direndam di dalam air yan bercampur fungisida kuran lebih selama 10 menit. Sebagai fungisida dapat diunakan larutan Dipthane M-45 antara 1 - 1,5 gram per liter, untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  4. Keringkan dengan meletakkan bibit anggrek diatas kertas Koran. Klasifikasikan anggrek sesuai dengan ukuran besar kecilnya.
  5. Isi wadah/pot/tempat untuk menanam angggrek dengan media taman yang sudah disediakan.
  6. Tanam bibit anggrek ke dalam wadah/pot/tempat yang telah diisi media sesuai dengan klasifikasi ukurannya.
Selamat Mencoba....Semoga berhasil....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar